Kompetensi menulis yakni memahami berbagai teks dalam konteks
bermasyarakat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif,
deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan
isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan, merupakan materi yang
harus dikuasai siswa SMK dalam menghadapi ujian nasional 2013. Kami
sampaikan Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMK 2013, yang bisa dipelajari oleh para siswa/siswi kelompok program teknologi atau non teknologi, semoga membantu!
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Pendidikan anak usia dini sekarang tengah marak-maraknya.
(2) Di mana mana orang tua merasakan pentingnya mendidik anak melalui
lembaga prasekolah yang ada dan mereka pun berlomba untuk memberikan
pelayanan pendidikan yang baik untuk anak-anak mereka.
(3) Tawaran berbagai macam bentuk pendidikan bermunculan mulai dari yang
puluhan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya, seperti kursus yang
dapat membuat otak anak cerdas dan pintar berhitung, cakap berbagai
bahasa hingga fisik kuat dan sehat, kegiatan menari, main musik, dan
berenang.
(4) Dunia pendidikan saat ini betul-betul penuh dengan denyut
kegairahan, penuh tawaran yang menggiurkan yang terkadang menguras isi
kantung orang tua.
(5) Begitulah orang tua membahagiakan anak-anak mereka, yaitu melalui pemenuhan keinginan anak-anaknya.
1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. biaya pendidikan anak usia dini
B. orang tua membahagiakan anaknya
C. maraknya pendidikan anak usia dini
D. pentingnya pendidik anak usia dini
E. tawaran berbagai bentuk pendidikan
3. Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Apabila kita amati lebih cermat, dan kita baca berbagai informasi di
internet dan literatur yang ada tentang bagaimana pendidikan yang patut
bagi anak usia dini, kita akan terkejut.
Saat ini hampir sebagian besar penyelenggaraan pendidikan anak-anak usia
dini melakukan kesalahan. Ada beberapa indikator untuk melihat berbagai
ketidakpatutan terhadap anak. Di antaranya yang paling menonjol adalah
orientasi pada kemampuan intelektual secara dini. Mereka dicoba untuk
menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memperoleh pengayaan
kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah. Akibatnya,
bermunculanlah anak-anak ajaib dengan kepintaran intelektual luar biasa
secara akselerasi, tetapi pendidikan seperti itu tetap dikatakan suatu
kesalahan pendidikan.
4. Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Sebagian besar penyelenggaraan pendidikan anak-anak usia dini melakukan kesalahan dalam memberikan pembelajaran.
B. Ada beberapa indikator untuk melihat berbagai ketidakpatutan terhadap
anak-anak pada saat dia sedang dalam masa perkembangan.
C. Anak-anak menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memeroleh
pengayaan kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah.
D. Bermunculan anak-anak ajaib dengan kepintaran intelektual luar biasa
secara akselerasi, tetapi tetap dikatakan suatu kesalahan pendidikan.
E. Sangatlah mengagumkan anak-anak usia dini, tetapi sudah memiliki
kepintaran yang sangat luar biasa dan akan mengejutkan kita.
5. Makna kata akselerasi pada paragraf tersebut adalah ....
A. pengelompokan
B. percepatan
C. pemantauan
D. pencerdasan
E. pemisahan
Cermati paragraf tajuk rencana berikut untuk menjawab pertanyaan 6 s.d. 8!
(1) Saat ini diperkirakan banyak orang tua yang memaksakan kehendak
kepada anaknya, yaitu menginginkan si anak menjadi seorang pintar sejak
kecil, tanpa memikirkan dampak negatifnya.
(2) Kasus ini dimuat dalam majalah New Yorker tentang kisah seorang anak
pintar karbitan tepatnya terjadi pada tahun 1930, terjadi pada seorang
anak yang bernama William James Sidis, putra seorang psikiater.
(3) Kecerdasan otaknya membuat anak itu masuk Harvard College walaupun masih berusia sebelas tahun.
(4) Apalagi kecerdasannya di bidang matematika yang begitu mengesankan
dan mengagumkan karena menurut banyak orang matematika adalah sesuatu
hal yang rumit atau sulit.
(5) Prestasinya sebagai anak jenius menghiasi berbagai media masa. (6)
Si anak ajaib yang begitu dibanggakan dan membuat orang banyak berdecak
kagum pada beberapa waktu silam, tetapi apa yang terjadi kemudian?
(7) James Thurber seorang wartawan terkemuka pada suatu hari menemukan
seorang pemulung mobil tua, yang tidak lain adalah William James Sidis.
(8) Ternyata kesuksesan yang diraih anak saat ia menjadi anak, belum
tentu menjadikan sesuatu yang bemakna dalam kehidupan anak ketika ia
menjadi manusia dewasa.
6. Mengapa William James Sidis dikatakan anak jenius?
Jawaban pertanyaan tersebut yang sesuai dengan isi teks adalah ....
A. Ia baru berusia sebelas tahun, tetapi sudah dapat mengagumkan orang tua yang besusah payah mendidiknya dan membuahkan hasil.
B. Kecerdasannya diakui sebagai seorang anak pintar yang dibimbing oleh
ayahnya sendiri, seorang psikiater terkemuka pada waktu itu.
C. Kepandaiannya di bidang matematika yang tergolong sulit itu begitu mengesankan banyak orang dan berdecak kagum.
D. Si anak ajaib beberapa waktu silam begitu membanggakan dan membuat orang banyak kagum karena kepintarannya itu.
E. Kecerdasan otaknya, terutama di bidang matematika membuat anak itu
masuk Harvard College walaupun masih berusia sebelas tahun.
7. Kalimat dalam paragraf tersebut yang berupa opni penulis adalah nomor ....
A. (8)
B. (6)
C. (4)
D. (2)
E. (1)
8. Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut terdapat nomor ....
A. (1), (2), (3), dan (5)
B. (2), (3), (5), dan (7)
C. (2), (3), (6), dan (7)
D. (3), (4), (5), dan (6)
E. (4), (5), (7), dan (8)
Cermati kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Maka, sahut Laksamana, ”Jika sebanyak ini prajurit Majapahit, tiada,
kuindahkan; tambahkan sebanyak ini lagi, pun tiada aku takut dan tiada
aku indahkan. Jikalau luka barang seorang saja akan Melayu ini maka
negeri Majapahit ini pun habislah aku binasakan, serta Patih Gajah Mada
pun aku bunuh,” serta ditendangnya bumi tiga kali. Maka bumi pun
bergerak-gerak. Maka, Laksamana pun memengkis pula, katanya, ”Cih,
tahanlah bekas tanganku baik-baik.”
Maka, prajurit itu pun sekonyong-konyong lari, tiada berketahuan
perginya. Maka, surat dan bingkisan itu pun sampailah ke peseban. Maka
surat itu pun disambut oleh Raden Aria, lalu dibacanya di hadapan Sri
Batara. Maka, Laksamana dan Hang Jebat, Hang Kesturi pun naik ke
peseban. Maka segala bingkisan itu pun disambut oranglah. Maka, titah
Sri Batara, ”Hai Laksamana, kita pun hendak mengutus ke Melaka, menyuruh
menyambut anak kita Ratu Malaka karena kita pun terlalu amat rindu
dendam akan anak kita. Di dalam pada itu pun yang kita harap akan
membawa anak kita kedua itu ke Majapahit ini hanyalah Laksamana.”
Sumber: Bunga Rampai dari Hikayat Lama karya Sanusi
9. Isi kutipan tersebut adalah .…
A. Laksamana melawan prajurit Majapahit yang menghadangnya sewaktu dia
mengantarkan surat dan bingkisan untuk Sri Batara di kerajaan Majapahit.
B. Prajurit Majapahit itu pun tiba-tiba lari melihat Laksamana yang
pemberani itu, dan surat dan bingkisan yang dibawa Laksama sampailah di
Majapahit.
C. Patih Gajah Mada dan segala prajurit Majapahit akan dibunuh Laksamana
bila prajurit Majapahit melukai orang Melayu sekalipun hanya satu
orang.
D. Prajurit Majapahit lari ketakutan sewaktu pasukan Laksamana datang ke
kerajaan Majapahit untuk mengantarkan surat dan bingkisan untuk Sri
Batara.
E. Hang Jebat dan Hang Kesturi menemani Laksamana ketika berkunjung ke
kerajaan Majapahit sebagai pengawal dan pelindungnya dalam perjalanan.
10. Nilai moral yang terdapat pada kutipan adalah ....
A. Prajurit Majapahit menyambut baik Laksamana di Majapahid atau di kerajaanya.
B. Tindakan Laksamana melindungi prajuridnya (Melayu) dari serangan Majapahit.
C. Laksamana membunuh Patih Gajah Mada dan segala prajuritnya yang menghadang.
D. Sikap laksamana yang menolak mengantarkan surat dan bingkisan untuk Sri Batara.
E. Kesetiaan Hang Jebat dan Hang Kesturi menemani Laksamana ke mana pun pergi.
Untuk selengkapnya latihan soal bisa anda download disini, sedangkan solusinya bisa anda download disini, sukses ya :)
Demikian Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMK, baik kelompok program
teknologi atau non teknologi, semoga bermanfaat Amin Ya Rabbal Alamin!
Rabu, 06 Maret 2013
KISI KISI UN SMK TEKNOLOGI BAHASA INDONESIA TAHUN 2013
04.26
4 comments
I LIKE IT,,
BalasHapusboleh yaa aku copy....
BalasHapusi like it
BalasHapusi like it
BalasHapus